Jumat, 22 November 2013

BAHAYA ROKOK, SAY NO TO CIGARETTE!!



Saya menyadari bahwa generasi muda saat ini tidak lepas dengan yang namanya rokok, bahkan rokok dijadikan suatu trend yang mana masyarakat kita khususnya pemuda menganggap bahwa merokok itu gaul, seksi, dan keren. Rokok juga bahkan dianggap sebagai alat pergaulan, dimana dilihat dari lingkungan sekitar kita tak jarang kita melihat dalam suatu perkumpulan adanya orang yang menawarkan rokok kepada orang lain yang bermaksud untuk mengakrabkan diri. Saya pikir ini merupakan kebiasaan yang salah, kebiasaan yang perlu dirubah. Karena mereka masih belum menyadari akan bahayanya rokok. Maka dari itu masyarakat (generasi muda) dirasa masih sangat perlu adanya edukasi mengenai bahayanya rokok. Karena rokok bukan hanya berbahaya bagi perokok aktif saja namun berbahaya juga bagi perokok pasif. 

Sudah tahukah anda, apa yang terkandung dalam rokok? Mungkin sudah banyak yang tahu, yes, saya akan sedikit review kandungan dari rokok itu sendiri.
Well, rokok mengandung banyak zat kimia yang berbahaya didalamnya, seperti ; nikotin, karbon monoksida, tar, dan banyak zat kimia lainnya.

NIKOTIN
NikotiN adalah zat kimia yang bisa menenangkan seseorang, zat ini bisa membahayakan dan dapat menyebabkan kegemukan (walapun tidak secara langsung) dan yang mengerikan lagi nikotin adalah zat kimia (aditif) pemicu adanya penyempitan pembulu darah. zat yang paling sering dibicarakan dan diteliti orang, meracuni saraf tubuh, meningkatkan tekanan darah, menimbulkan ketagihan dan ketergantungan pada pemakainnya. Kadar nikotin 4-6 mg yang diisap oleh orang dewasa setiap hari sudah bisa membuat seseorang ketagihan. Di Amerika Serikat, rokok putih beredar dipasaran memiliki kadar 8 - 10 mg nikotin per batang, sementara di indonesia berkadar nikotin 17 mg per batang.

KARBON MONOKSIDA
Karbon monoksida adalah suatu bahan kimia yang dihasilkan dari asap rokok (kepulan asap rokok). karbon monoksida memiliki kecenderungan yang kuat untuk berkaitan dengan hemoglobin dalam sel darah merah. seharusnya, hemoglobin ini berkaitan dengan oksigen yang sangat penting untuk pernapasan sel-sel tubuh, tapi karena gas CO lebih kuat daripada oksigen, maka gas CO ini merebut tempatnya di sisi hemoglobin. jadilah, hemoglobin bergandengan dengan CO. kadar gas CO dalam darah bukan perokok kurang dari 1 persen, sementara dalam darah perokok mencapi 4-15 persen.

TAR
Tar adalah zak kimia aditif yang dapat menempel pada oragan tubuh paru paru karena sifat dari zat aditif ini (Tar) lengket. Tar adalah kumpulan dari beribu-ribu bahan kimia dalam komponen padat asap rokok, dan bersifat karsinogen. pada saat rokok dihisap, tar masuk ke dalam rongga mulut sebagai uap padat. setelah dingin, akan menjadi padat dan membentuk endapan berwarna cokelat pada permukaan gigi, saluran pernapasan, dan paru-paru. pengendapan ini bervariasi antara 3-40 mg per batang rokok, sementara kadar tar dalam rokok bekisaran 24-45 mg.

Dari bahan-bahan kimia itulah, maka rokok sangat berbahaya bagi tubuh.

Rokok Membahayakan Paru-paru
Seorang perokok baik itu perokok pasif ataupun perokok aktif dapat mengalami resiko serangan penyakit paru-paru, penyakit paru paru ini biasanya akan mengakibatkan seseorang sulit untuk bernafas ( sesak nafas). Memang sebenarnya penyakit ini sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh namun seseorang biasanya tidak menyadari bahwa dirinya sudah terkena gejala paru-paru dan mereka baru menyadarinya setelah dirinya benar-benar parah. Catatan penting: penyakit paru-paru yang sudah parah tidak ada obatnya kecuali hanya kuasa allah saja yang bisa menyembuhkannya.


Rokok dapat membayakan Tulang
Bahaya yang ditimbulkan oleh rokok banyak terjadi pada seorang wanita, karena jika menurut penelitian dan beberpa artikel yang pernah saya baca, hampir 6-10 persen kaum wanita yang meokok akan mengalami rapuh tulang (osteoporosis).



Menghisap Rokok Dapat Membahayakan Stroke & Jantung
Adanya zat kimia karbon monoksida dalam sebuntung rokok dapat mengakibatkan seseorang terkena serangan penyakit stroke & jantung . karbon monoksida yang dihasilkan dari asap rokok inilah yang akan membahayakan tubuh dan nantinya akan berdampak pada menumpuknya kolestrol di setiap arteri.


Menghisap Rokok Dapat Membahayakan Gigi & Mulut
Salah satu penyebab Gigi seseorang menjadi kuning ialah kebanyakan menghisap rokok, tak hanya gigi kuning bahkan bau mulutpun juga akan kita alami jika terlalu banyak menghisap rokok. Jika hanya menyebabkan mulut bau mungkin masih bisa diatasi dengan cara alami namun jika lama-kalamaan menghisap rokok maka akan menyebabkan kanker lidah, bibir dan tenggorokan.


Rokok dapat membayakan Kulit
Dengan terlalu banyak orang menghisap rokok, hal ini bisa mengurangi oksigen yang diperlukan oleh kulit, sehingga dapat mempercepat kerutan pada kulit tubuh.


Menghisap Rokok Dapat Menyebabkan Kanker
Rokok dapat memicu seseorang terserang penyakit Kanker, kanker yang bisa diakibatkan oleh asap rokok dan materi bahan lainnya adalah kanker lidah, kanker paru-paru, Kanker lambung dan yang terakhir kanker nasofaring.


Baiklah, kembali pada topik utama, mengapa kemudian saya memfokuskan kepada pemuda? Sebagaimana yang diketahui bahwa pemuda adalah penerus, dalam artian bahwa pemuda itu yang akan melanjutkan hidup kedepannya, bagai mana bisa generasi kedepan akan sehat kalau pemuda saat ini tidak sehat?

Apakah anda tahu, berapa banyak jumlah korban akibat rokok setiap tahunnya?

Seperti dilansir pada situs beritasatu.com
Beradasrkan data terbaru yang dirilis oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), rokok menewaskan hampir enam juta orang setiap tahun. Mirisnya, kebanyakan korban (80%) berasal dari masyarakat berpenghasilan rendah di negara-negara dnegan kategori berkembang.

Jika kecenderungan ini terus terjadi, kata pihak WHO dalam sebuah konvensi kesehatan di Panama, jumlah kematian yang disebabkan oleh rokok diperkirakan bakal terus mengalami kenaikan hingga delapan juta orang setiap tahunnya, pada tahun 2030 yang akan datang.

"Jika kita tidak merapatkan barisan dan tidak menerapkan larangan terhadap iklan tembakau, promosi dan sponsorship, kalangan remaja akan terus terpikat untuk mengonsumsi tembakau," jelas Dr Margaret Chan, Direktur Jenderal WHO.

"Setiap negara memiliki tanggung jawab untuk melindungi populasi dan masyarakatnya dari penyakit terkait tembakau," tambah dia.

Dalam tulisan ini, saya menekankan bahwa peran pemuda sangatlah penting bagi keberlangsungan hidup sehat di generasi yang akan datang, dengan berupaya menyelamatkan pemuda saat ini, memungkinkan kita untuk menyelamatkan generasi masa depan kita.

Saya pikir, tahap yang harus di tindak lanjuti mengenai ini adalah peraturan pemerintah terhadap pengontrolan rokok. Dengan pengaturan terhadap rokok, semisal harga rokok di naikan, bea cukai masuk di mahalkan, periklanan rokok di media masa terutama televisi harus lebih tegas dan ketat lagi, tahukah anda iklan rokok di indonesia boleh tayang setelah jam 09.00 malam. Saya pikir pengiklanan dengan peraturan seperti ini sangat masih kurang, apa lagi bungkus rokok yang sangat bagus ketika dilihat, berbeda dengan bungkus rokok di negara tetangga kita seperti malaysia dan thailand, bungkusnnya merupakan gambar orang yang terserang penyakit akibat rokok itu sendiri.


Bungkus Rokok Thailand



Bungkus Rokok Malaysia



Bungkus Rokok Indonesia


Belum lagi ketika di pasaran, anak dibawah umur adalah legal membeli rokok diwarung-warung ataupun toko-toko. Berbeada dengan negara yang penghasil dari rokok Malboro (Amerika Serikat), adalah illegal anak dibawah umur membeli rokok di warung ataupun toko. Disinilah saya lihat peran negara indonesa sangat kurang dalam menangani peraturan tentang rokok. Solusi seperti inilah yang saya harapkan terlebih dahulu, karena solusi untuk para petani tembakau untuk segera melakukan pemindahan dalam bertaninya agak sulit, tapi sebenarnya itu bisa karena dalam bertani bukan hanya tembakau saja yang bisa ditanam, bahkan tumbuhan lain ada yang lebih menguntungkan lagi untuk ditanam dari pada tembakau seperti halnya tanaman wijen dan tanaman-tanaman lainnya.

Banyak hal yang harus saya ungkapkan sebenarnya disini, namun mungkin untuk saat ini cukup disini, next saya akan membahas bagaimana rokok di negara-negara dunia ketiga. 

Klik ini :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar